Minggu, 26 Maret 2023

Pertemuan 1 - Konsep Dasar Teknologi dan Teknologi Informasi

Teknologi adalah cara dimana kualitas hidup manusia ditingkatkan dengan pengenalan produk baru. Teknologi adalah cabang pengetahuan yang berhubungan dengan penciptaan dan penggunaan sarana teknis dan yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan, masyarakat, dan lingkungan.

Teknologi Informasi adalah teknologi yang memanfaatkan computer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat. Teknologi Informasi juga merupakan seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas - tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Berikut merupakan salah satu defini dari Information Technology yang di kutip dari “Information Technology Training Package ICA99”  bahwa Teknologi Informasi didefinisikan sebagai pengembangan teknologi dan penerapan teknologi berbasis komputer dan komunikasi pengolahan data dan informasi, penyajian, pengelolaan, termasuk pengembangan hardware dan software yang berhubungan dengan computer. 

Teknologi Informasi adalah teknologi yang memanfaatkan computer sebagai perangkat utama untuk mengolah datamenjadi informasi yang bermanfaat. - Akhmad Fauzi

Seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. - Haaq dan Keen

Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.- Martin

Teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. - Williams dan Sawyer

Beberapa Contoh Penerapan Teknologi Informasi dalam berbagai Bidang untuk Mengoptimalkan Sumber daya yang dimiliki :


- Bidang Pendidikan 
        Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

- Bidang Kesehatan
        Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang kesehatan salah satunya ialah sistem yang berbasis kartu cerdas (smart card). Sistem ini dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.

- Bidang Perbankan 
        Dalam dunia perbankan, contoh penerapan Teknologi Informasi adalah telah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

- Bidang Bisnis
        Pemanfaatan Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan pula untuk sarana perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

- Bidang Pemerintahan 
        Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut dengan e-goverment membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dirancangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar. 

- Perusahaan
        Penerapan Teknologi Informasi telah banyak digunakan oleh para usahawan.  Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

Beberapa Contoh Teknologi Informasi

-  Pengiriman SMS (Short Message Service)
-  Pengiriman MMS (Multi Media Service)
-  Pengiriman e-mail
-  Akses Facebook
-  Aplikasi SIM Akademik
-  Saling bertukar file lagu menggunakan handphone melalui Bluetooth

PENGENALAN KOMPUTER HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE


Seperti gambar diatas komputerisasi mempunyai tiga aspek yaitu sofware itu adalah perangkat lunak, hardware adalah perangkat keras sedangkan brainware adalah kita sendiri.

KLASIFIKASI KOMPUTER

1. Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah : 
    a. Komputer Analog (Analog Computer)
    b. Komputer Digital (Digital Computer)
    c. Komputer Hibrid (Hybrid Computer)

2. Berdasarkan Bidang Masalah (Kegunaan) : 
    a. Special Purpose Computer
    b. General Purpose Computer

3. Berdasarkan Kemampuan Komputer :
    a. Small Scalle Computer 
        ✓ Disebut small scale mainframe computer 
        ✓ Kapasitas memori antara 64 KB s/d 8 MB 
        ✓ Dapat menangani puluhan terminal computer yang terpisah dari pusat computer


    b. Medium Scalle Computer : 
        ✓ Disebut medium scale mainframe computer
        ✓ Kapasitas memori antara 512KB s/d 8 Mb
        ✓ Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat computer

       
       Large Scalle Computer 
           ✓ Disebut large scale mainframe computer atau mainframe computer 
           ✓ Bentuknya besar 
           ✓ Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB 
           ✓ Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing, yaitu pengguna 
               komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalam waktu bersamaan.

4. Berdasarkan Ukuran Fisik Komputer : 
    a. Komputer Mini (Mini Computer) 
        ✓ Kapasitas memori antara 8 MB s/d 128 MB 
        ✓ Menggunakan register 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit 
        ✓ Bersifat multi user, yaitu sebuah komputer mini dapat digunakan bersama-sama 
            oleh banyak pemakai 

    b. Komputer Mikro (Micro Computer) 
        ✓ Disebut personal computer (PC) 
        ✓ Kapasitas memori 16 KB s/d 1 MB 
        ✓ Menggunakan register 8 bit, 16 bit, dan 32 bit 
        ✓ Umumnya di gunakan untuk single user

Generasi Komputer

Harus kalian ketahui bahwa komputer memiliki generasi dari tahun ke tahun :

- Generasi ke - 1 (1945 - 1959), masih menggunakan tabung hampa dengan jumlah tabung yang digunakan kurang lebih 18.000 tabung hampa, kecepatan proses yang masih rendah, dan penyimpanan data masih terbatas.

- Generasi ke - 2 (1959 - 1965), sudah mulai menggunakan transistor atau disebut juga solid state devices.  Secara fisik, makin ringan dan kecil dibanding generasi I dengan penggunaan memori/storage semakin besar, proses menjadi lebih cepat dan Mulai digunakannya on-line data processing.

- Generasi ke - 3 (1965 - 1970), sudah semakin baik yaitu menggunakan IC (Integrated Circuits). IC merupakan kumpulan transistor yang dipadatkan dalam komponen elektronika, menggunakan multiprocessing dan multiprogramming, menggunakan Visual Display terminal, menampilkan grafik, dan menerima dan menampilkan suara.

- Generasi ke - 4 (sejak tahun 1970), menggunakan LSI yang dikembangkan menjadi VLSI, Teknologi pembuatan VLSI disebut dengan MOS teknologi merupakan pemadatan ribuan transistor ke dalam suatu chip,  Chip ini disebut juga dengan C-MOS (Chip Metal Oxide Semi Conductor) karena terbuat dari metal (logam/aluminium) melalui proses oksidasi dan bersifat semi konduktor.

- Generasi ke - 5 (dimulai pada tahun 1995), Komputer mempunyai kemampuan dalam berbagai bidang sehingga disebut sebagai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent/AI) . Dalam AI ini dikembangkan Sistem Pakar (expert System), Robot dan sebagainya.

- Generasi ke - 6, mungkin generasi saat ini dimana teknologi komputer sudah sangat canggih, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Kemungkinan komputer masa depan secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertemuan 14 - Technopreneurship

  Konsep Kewirausahaan  Wirausaha usaha merupakan pengambilan resiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang un...