Kamis, 20 April 2023

Pertemuan 6 - Pengenalan Internet

    Internet merupakan media komunikasi menggunakan jaringan komputer dan saluran telekomunikasi yang saling dihubungkan. Media penghubung tersebut bisa melalui kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio, sehingga komputer-komputer yang terhubung tersebut dapat saling berkomunikasi. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut, diberikan sebuah nomor yang unik, dan berkomunikasi satu sama lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama. Bahasa komunikasi yang sama ini disebut protokol. Protokol yang digunakan di internet adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) - Akhmad Fauzi dalam bukunya yang berjudul Pengenalan Teknologi Informasi. 


Sejarah Singkat Internet

    Berasal dari ARPANet, suatu proyek yang dimulai dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, suatu percobaan dalm reliable networking (jaringan secara terpercaya) untuk menghubungkan antara DOD dengan kontraktor penelitian militer, termasuk sejumlah besar universitas yang melakukan penelitian dengan dana militer. 

     ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency, cabang dari Defence (Pertahanan) yang mempunyai kewajiban membagi-bagikan uang grant. Sehingga menjadi DARPA (Defence-ARPA). ARPANet mulai dengan 3 komputer kecil yang dikoneksi di California digabungkan dengan satu di Utah, tetapi secara cepat berkembang di seluruh kontinen. Internet ini mulai tumbuh pesat pad dekade 1990.

Kebutuhan koneksi Internet antara lain,
  1. Modem
  2. Telepon
  3. Software
  4. Internet Service Profider

Istilah pada Internet :
  1. Web Site, tempat sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan dikemas.
  2. Homepage, istilah untuk menyebutkan halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses.
  3. URL (Universal Resource Locator), Alamat yang unik dan khas setiap halaman dan situs dalam WWW. 
         Bentuk dasar ; protocol://hostname/[path/[filename]]                                                            
         Contoh : http://www.instagram.com 

Istilah pada Internet Cont :
  1. Protocol,  suatu mekanisme yang sudah distandarkan untuk mentransfer atau manipulasi data.
  2. HTTP (HyperText Transfer Protocol), Suatu protocol internet yang digunakan oleh WWW.
  3. Host, alat yang memiliki Internet protocol (IP) Address di suatu network TCP/IP atau Internet
  4. HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE (HTML), suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsir oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

Internet mempunyai kegunaan sebagai berikut :
  1. Informasi yg didapatkan lebih cepat & murah 
  2. Mengurangi biaya kertas & pemasaran ("paperless environment") 
  3. Sebagai media promosi 
  4. Pengenalan, dan pemesanan produk 
  5. Komunikasi Interaktif : E-mail, dukungan pelanggan dengan WWW, Video Conferencing, Internet Relay Chat (IRC), Internet Phone (VoIP = Voice Over Internet Protocol)
  6. Sebagai alat penelitian dan pembangunan (Research and Development) 
  7. Pertukaran data (informasi) 

Mengenal Alamat IP (Internet Protocol) 
    
        Alamat IP berupa susunan angka : a.b.c.d. Dengan masing-masing a,b,c,d berupa sebuah bilangan 0 sampai dengan 255. Alamat IP dapat juga dengan melalui nama domain 
Contoh : bsi.ac.id

Komponen Layanan Internet : E-mail, Newsgroup, Mailing List, Telnet, FTP, Talk, Chat, VoIP g.   

Surat Elektronik (E-mail) 
        Merupakan salahsatu fasilitas internet yang memungkinkan seseorang mengirim dan menerima surat secara elektronik. E-mail banyak digunakan dengan alasan mudah dalam pengiriman dan cepat dalam penyampaian. 

Isi E-Mail : 
- To         : menyatakan alamat e-mail yang dituju 
-  Cc        : singkatan dari carbon copy, menyatakan alamat e-mail orang lain yang 
                  mendapat tembusan surat. 
- Bcc       : singkatan dari blind carbon copy, menyatakan orang yang mendapatkan 
                  tembusan tetapi yang disebut dalam to tidak mengetahui bahwa alamat 
                  e-mail ditembuskan ke orang lain.
- Subject : menyatakan inti dari surat 


Newsgroup 
        Mirip dengan mailing list, Merupakan aplikasi internet yang berupa bulletin elektronik board yaitu group-group diskusi lewat internet. 


Mailing list 
        Adalah perkembangan dari e-mail, seseorang yang sudah mempunyai e-mail dapat berlangganan (member) berita-berita (newsletter) ataupun informasi-informasi lain dari suatu topik yang tertentu, atau sebagai wadah bergabung kelompok/group orang-orang dengan kesamaan minat/hooby pekerjaan dsb. Mirip dengan Komunitas Sahabat pena jaman dulu. Saat ini mailing list atau sering disebut Milis jadi wadah komunikasi via e-mail antara member satu sama lainnya.


Telnet 
        Adalah fasilitas yang memungkinkan seseorang dapat menghubungkan diri ke komputer lain yang berjarak jauh. Jadi Telnet memungkinkan PC kita menjadi terminal untuk mengakses komputer tersebut.


File Transfer Protokol (FTP) 

    Adalah suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna (user) internet dapat mengambil data (download) di situs-situs website dalam bentuk gambar, foto, suara, artikel, tulisan, aplikasiaplikasi utility dan sebagainya ke komputer user, ataupun sebaliknya (Upload).

Contoh aplikasi yang memungkinkan untuk download dan upload data di internet: 
• Mozilla Firefox 
• Internet Explorer 
• Opera


Talk, Chat, VoIP

    Talk, Chat, VoIP Adalah fasilitas yang memungkinkan pengguna (user) internet secara langsung dapat melakukan komunikasi secara interaktif dua arah antara satu komputer satu dengan komputer lainnya. 

Contoh aplikasi utility untuk Talk, Chat: 
  • Yahoo messenger (www.yahoo.com) 
  • Mirc (www.mirc.net) 


World Wide Web (WWW) 


    Adalah salah satu aplikasi internet yang sangat populer digunakan saat ini, sering disebut The Web atau Website Awalnya dikembangkan pada tahun 1990 di CERN (Laboratorium Fisika Partikel) di Swiss. 

Kelebihan www atau website :
  • Informasi dapat ditampilkan dalam bentuk multimedia interaktif seperti gambar, suara, disamping tulisan teks dan umumnya friendly user.
  • Informasi yang ditampilkan www dapat menghubungkan ke link informasi dokumen (homepage) lewat hypertext yang dibuat menggunakan Hyper Text Markup Languange (HTML).
  • AplikasiWWW ini kadang disebut "The Killer Application" atau "the world is at your fingertip" karena kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah, bukan sekedar teks bahkan gambar (images), maupun multimedia.

      Jenis - jenis Domain pada Website 
  • .com : Company, sifatnya komersil milik perusahaan swasta atau lembaga usaha pencari lab
  • .org : Organization, situs milik organisasi/yayasan yang tidak mencari laba.
  • .ac : Academic, situs tentang pendidikan/perguruan tinggi 
  • .net : Network, situs berupa jaringan dari url atau web lainnya. 
  • .mil : Millitary, situs milik militer 
  • .gov/.go: Governance, situs milik pemerintahan 
  • .edu : Education, situs tentang pendidikan


Definisi Browsing


    Jika kita ingin menjelajahi World Wide Web (WWW) maka kita membutuhkan sebuah aplikasi (software) yang sering disebut Browser. Ada beberapa Browser yang biasa digunakan yaitu Netscape Navigator atau Netscape Comunicator, Internet Explorer, Opera dan Spry Mosaic.

    Browser digunakan untuk mencari informasi di internet atau untuk menelusuri web site dari seluruh jaringan internet di seluruh dunia. Untuk mencari informasi atau menelusuri web site kita dapat langsung menuju pada alamat web site yang dituju atau dengan mesin pencari (Search Engine ).

  • Website atau situs adalah sebuah lokasi di internet yang memiliki akses ke semua pengguna internet dan dapat saling bertukar dokumen dengan cara menghubungkan satu sama lain dalam suatu jaringan yang saling terhubung melalui jaringan komunikasi seperti kabel telepon. 
  • Webhosting adalah tempat seseorang bisa menyimpan data atau dokumen di sebuah web server dan data atau dokumen ini tersambung dengan internet dengan harapan dapat diakses oleh orang lain.
  • Search Engine (mesin pencari elektronik) Adalah aplikasi yang terdapat situs-situs milik perusahaan besar yang memungkinkan kita dapat memperoleh informasi yang lebih luas dan banyak, saat ini sudah ratusan ribu situs-situs (website) di dunia internet dengan berbagai macam ragam yang tidak mungkin ditemukan secara manual.
       Situs-situs yang menyediakan fasilitas search engine: 
  • www.yahoo.com 
  • www.google.com 
  • www.altavista.com 
  • www.plasa.com

Sepuluh Hak & Prinsip Internet

  1. Keuniversalan dan Kesetaraan, semua manusia terlahir bebas dan setara dalam harga diri dan hak, yang harus dihargai, dilindungi dan dipenuhi dalam lingkungan daring. 
  2. Hak dan Keadilan Sosial, Internet merupakan ruang bagi penggalakan, perlindungan, dan pemenuhan hak asasi manusia dan kemajuan keadilan sosial. Semua orang memiliki tugas untuk menghargai hak asasi manusia lain di lingkungan daring. 
  3. Aksesibilitas, semua orang memiliki hak yang sama untuk mengakses dan menggunakan Internet yang aman dan terbuka. 
  4. Ekspresi dan Berasosiasi, semua orang berhak mencari, menerima, dan menyampaikan informasi secara bebas di Internet tanpa penyensoran atau campur tangan lainnya. Semua orang juga berhak untuk berkumpul secara bebas melalui dan di Internet, demi tujuan sosial, politik, budaya atau lainnya
  5. Privasi dan Perlindungan, data Semua orang memiliki hak terhadap privasi daring. Hal ini termasuk kebebasan dari pengintaian, hak untuk menggunakan enkripsi, dan hak untuk daring secara anonim. Semua orang juga memiliki hak terhadap perlindungan data, termasuk kendali atas pengumpulan data pribadi, penyimpanan, pengolahan, penghilangan dan penyingkapan.
  6. Kehidupan, Kebebasan dan Keamanan, hak untuk hidup, kebebasan, dan keamanan harus dihargai, dilindungi dan dipenuhi secara daring. Hak tersebut tidak boleh dilanggar, atau digunakan untuk melanggar hak lainnya, dalam lingkungan daring.
  7. Keberagaman,  keberagaman budaya dan linguistik di Internet harus digalakkan, dan inovasi teknis serta kebijakan harus didorong untuk memudahkan kemajemukan ekspresi.
  8. Kesetaraan Jaringan,  semua orang akan memiliki akses universal dan terbuka ke konten Internet, bebas dari pembuatan prioritas diskriminatif, penyaringan atau kendali lalu lintas dengan alasan komersial, politik atau lainnya.
  9. Standar dan Peraturan, Arsitektur Internet, sistem komunikasi, dan dokumen serta format data akan berdasarkan standar terbuka yang memastikan interoperabilitas lengkap, pencantuman dan kesempatan yang sama untuk semuanya.
  10. Tata Kelola, Hak asasi manusia dan keadilan sosial harus membentuk dasar hukum dan normatif yang Internetnya beroperasi dan dikelola. Hal ini akan terjadi dengan cara transparan dan multilateral, berdasarkan prinsip keterbukaan, pencantuman partisipasi dan pertanggungjawaban.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertemuan 14 - Technopreneurship

  Konsep Kewirausahaan  Wirausaha usaha merupakan pengambilan resiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang un...